Selasa, 22 Juli 2008

PENUTUP

Penutup

Demikianlah sekilas catatan yang diperoleh dari pengalaman melaksanakan ibadah haji. Semoga bermanfaat dan menjadi dorongan bagi pembaca untuk segera menyambut panggilan Allah ke tanah suci.

Setiap jamaah haji mendambakan haji mabrur, walaupun disadari sulit karena menjadi rahasia Allah siapa-siapa yang mendapatkannya. Namun yang jelas buah dari Haji mabrur adalah menguatnya iman dan meningkatnya ibadah dan amal saleh dalam arti seluas-luasnya, sehingga keadaaan para Hujjaj setelah menunaikan ibadah haji jauh lebih baik dari keadaan sebelumnya.

Kemabruran haji harus terus dijaga dan dipelihara sepanjang hidup dengan menjadi penganjur, pelopor dan pelaku kebaikan sekaligus pelayanan masyarakat.

Dengan memelihara kemabruran haji di tengah keluarga dan masyarakat diharapkan akan terbentuk keluarga syakinah dan masyarakat madani dan negeri baldatun thoyyibatun wa robbun ghafur yang didalamnya diamalkan segenap firman Allah sehingga mengangkat derajat ummat manusia sebagai Khalifah Allah yang melebihi semua makhluk sesuai fitrahnya.

Ya Allah,
Puji syukur untukMu yang telah menghantarkanku ke RumahMu. Ampunilah dosa-dosaku dan dosa kedua orangtuaku. Jadikanlah aku Haji yang Mabrur dan masukkanlah aku ke dalam SyurgaMu yang telah Engkau janjikan melalui perantaraan RasulMu.

Ya Allah,
Angkatlah Derajatku menjadi orang-orang yang bersama Rasul-rasulmu, para shalihin, Shadiqin dan syuhada.

Tidak ada komentar: